Pages

Sunday 3 February 2019

MENGENALKAN GEN TUKUM 01 kepada SEJARAHNYA

Hari ini, Minggu tanggal 3 Pebruari 2019 dengan cuaca yang mendukung serta dengan niatan merefresh kembali otak kami yang telah melalui kegiatan belajar selama satu minggu ke belakang. Kelas 5 UPT SDN Tukum 01 berniat untuk study sekaligus wisata di Kawasan Wonorejo Terpadu dengan tujuan yaitu museum Kabupaten Lumajang dan pemandian KWT.

Jauh-jauh hari sudah kami rencanakan, program kelas 5 ini dengan tujuan utama agar Gen Tukum 01 alias siswa kelas 5 rekreasi juga belajar kembali tentang serba-serbi sejarah kotanya. Sambil rekreasi, guru membekali siswa dengan lembar kerja siswa yang harus diisi saat mengunjungi museum satu-satunya di kota arya wiraraja ini. 



LKS tersebut berisi informasi sederhana yang harus digali dan dicari di museum, bisa dengan mengamati langsung atau mewawancarai narasumber di tempat tersebut. Isinya adalah siswa diperintahkan untuk mendata nama-nama benda bersejarah, tahun atau usia benda bersejarah, dan keterangan sejarah yang berkaitan langsung dengan benda tersebut. 

Gen Tukum 01 cukup antusias mengikuti kegiatan di luar jam formal ini. Mereka aktif mengamati, mencari tahu,  bahkan bertanya kepada petugas yang lebih kompeten terhadap sejarah kota Lumajang. Anak-anak juga mendengarkan penjelasan dengan cermat informasi yang disampaikan oleh petugas museum. 




Berikut foto-foto lain kegiatan mereka di museum Lumajang:




Karena tujuan Gen Tukum 01 ini juga berlibur, maka anak-anak pun tidak sabar untuk berenang, makan bersama, atau sekedar foto-foto di pemandian KWT. Hitung-hitung untuk melepas penat setelah seminggu penuh digembleng oleh Bapak Arif Zulkifli.  Hehehe.. 




Kepada wali murid kelas 5 kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya. Karena telah mengijinkan dan mensupport penuh kegiatan Gen Tukum 01 ini dengan bantuan biaya mandiri. Semoga anak-anak setelah mendapat kegiatan study wisata, selain besok pagi lebih segar, juga mendapat banyak pengalaman berharga dari hasil kunjungannya kali ini. Demikian tulisan singkat ini, semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...