Pages

Thursday 7 February 2019

YUK, BIASAKAN MENGERJAKAN FPB DAN KPK dengan "PAK PRIMA"

FPB dan KPK, salah satu materi MATEMATIKA SD yang cukup viral bila anda pernah sekolah dasar.(Hehehe...) FPB dan KPK bahkan tiap tahun pasti keluar di UN tingkat SD.

Biasanya, bapak dan ibu guru memberikan cara POHON FAKTOR untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan FPB dan KPK ini. Seru sih, tapi sebenarnya ada cara yang lebih cepat dan efektif lo. Ada yang tau? Ya benar, menggunakan metode tabel. 

Disini penulis sedikit merubah metode tabel dengan menuliskan secara permanen di sebuah papan tulis melamin. Jadilah alat peraga INOVASI papan faktor prima disingkat menjadi PAK PRIMA. 
Papannya seperti ini:


atau

Cukup sederhana kan? Mudah membuatnya juga kan? Cara mengerjakannya sama persis dengan metode tabel. Bisa browsing, insyaAllah akan banyak ditemukan cara mengerjakan FPB dan KPK dengan tabel (Penulis belum sempat upload di channel youtube😞). Atau bisa dilihat di Penelitian Tindakan Kelas ini. >>PTK<< 

Anak-anak bahkan bisa membuatnya versi mini, dengan bahan dari alas tulisnya. Jadi anak-anak juga bisa mengerjakan FPB dan KPK di alas tulisnya.
Ini contohnya:



Ini hasil pengerjaan anak-anak menggunakan hitungan PAK PRIMA:


Penulis juga pernah menguji cara mengerjakan FPB dan KPK dengan POHON FAKTOR vs PAK PRIMA. Dan alhamdulillah, hasilnya waktu lebih cepat versi PAK PRIMA dan mengurangi kebingungan cara dari pada menggunakan pohon faktor. Bisa bapak ibu guru test sendiri, kalau tidak percaya. Alat peraga ini juga bisa ditulis sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru yang mau meningkatkan jenjang karier profesionalnya. Bisa diunduh klik DI SINI.

Bayangkan papan sederhana ini, sudah dipajang mulai kelas 4, 5, dan 6. Bisa dipajang dekat papan absen atau papan tulis mungkin. Jadi misalnya waktu pembelajaran FPB dan KPK, maka bapak ibu guru bisa langsung menghitungnya di papan buatan bapak ibu guru sendiri ini. Dan yang penting anak-anak pun terbiasa menggunakan cara ini, untuk menyelesaikan soal FPB dan KPK dengan waktu yang lebih efisien. 

Itulah sedikit corat coret penulis, semoga bisa terus menginspirasi bapak ibu guru untuk berinovasi dan mengimplementasikan metode dan alat peraga yang mudah dan efektif bagi siswa. 

Selamat mengajar!!!

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...