Pages

Thursday 21 February 2019

MENGANTUSIASMEKAN SOAL DENGAN TTS

Acap kali mengerjakan soal dengan model lama yaitu mengerjakan soal biasa, mengerjakan LKS, mengerjakan soal dikte,  dan lain lain tidak jarang bisa menimbulkan kebosanan siswa. Jika anak sudah bosan maka motivasi pun akan berkurang. Motivasi yang kurang akan menyebabkan hasil belajar pun tidak maksimal. 

Guru pun juga tidak pernah menyerah untuk mencari solusi agar motivasi siswa terus naik dan diikuti dengan HB yang meningkat pula. Banyak cara yang diganti, banyak pula mencari cara baru, dan tidak sedikit pula membuat hal baru. Tujuannya hanya ingin peserta didik selalu antusias di setiap pembelajaran.


Penulis menawarkan solusi untuk mengusir kejenuhan siswa dalam mengerjakan soal. Yaitu dengan TEKA TEKI SILANG. 

InsyAllah banyak kelebihan yang diperoleh dengan cara mengerjakan cara yang sering dikenal dengan TTS ini, antara lain :
  1. Memancing kreatifitas guru
  2. Membuat pembelajaran berjalan menarik
  3. Melatih kreatifitas siswa
  4. Melatih daya inkuiri siswa
  5. Melatih ketelitian dan ketelatenan siswa
  6. Bisa digunakan sebagai salah satu metode PTK

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Apalagi kalau guru bisa mencetak buku TTS sederhana secara mandiri tentunya tentang pembelajaran. Maka akan sangat berguna dan menarik bagi siswa dari pada sekedar hanya mengerjakan LKS atau mengisi waktu luang.

Selamat menginspirasi, semoga hidup kita selalu bermanfaat untuk orang lain. Amiin..  

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...