Pages

Monday 11 February 2019

Membuat CATATAN dengan MIMARE

Apalagi MIMARE itu? Nama pembelajaran kok aneh-aneh. MIMARE akronim dari Mind Map Resume yaitu rangkuman yang ditulis pada peta konsep. Kebiasaan guru memberikan catatan pada sebuah pembelajaran adalah hal yang wajar. Akan tetapi terkadang guru memberikan catatan semua materi harus ditulis oleh siswa. Ini yang tidak disukai banyak siswa.



Merangkum merupakan solusi agar siswa mempunyai catatan yang berkualitas. Dengan merangkum akan membuat siswa melakukan 3 hal sekaligus yaitu: (1)menulis, (2)membaca, dan (3)mengingat hal yang penting. Peta konsep akan membuat siswa memahami alur dan lebih jelas dalam memahami keseluruhan sebuah materi. Selain menarik cara membuatnya, peta konsep juga bisa menjadi alternatif bahan presentasi siswa maupun guru. 

Nah, dalam penyajian rangkuman menawarkan 2 cara MIMARE yaitu :
1. Manual
2. Aplikasi mind map
Silahkan disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa. 

Cara pertama yaitu dengan cara manual, siswa harus membuat peta konsep di bukunya. Siswa mengawali dengan menggarisbawahi hal-hal penting yang ada di buku paket. Setelah menemukan hal-hal penting tersebut siswa harus menuliskan tema induknya terlebih dahulu dan membaginya dalam subtema-subtema, bisa dilanjutkan sampai ke topik sampai subtopik. Pada setiap subtopik bisa diberi catatan jika diperlukan, catatan tersebut ditulis dikertas hiasan atau kertas lipat lalu ditempel dan dilipat menyesuaikan lebar buku tulis.
Berikut hasilnya :



Cara kedua dengan aplikasi mind map, tentunya kita harus menggunakan perangkat komputer untuk mengaplikasikan cara ini. Hampir sama teknis merangkumnya,  hanya saja jika yang pertama kita berkreasi pada kertas kalau yang kedua kita berkreasi di perangkat komputer. Tentunya kalau di perangkat komputer akan banyak ditemukan banyak detil-detil yang menarik. Semua lengkap sudah divideokan kang_martho atau bisa mengunjungi blog beliau kangmartho.com. Berikut videonya:



Lagi-lagi pembelajaran inovatif ini bisa kita PTK-kan. Guru jangan sampai alergi pada PTK, karena PTK sudah menjadi sarana guru untuk meningkatkan kompetensi sekaligus kariernya. 

Selamat mengajar!!!

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...