Pages

Wednesday 23 August 2017

BERILMU itu MEMAHAMI

Manusia diciptakan dengan keunikannya sendiri-sendiri. Membawa watak dan pembawaannya yang sudah diberikan Sang Khalik. Makanya tidak ada orang di dunia ini sama persis, baik fisiknya, sifatnya, ataupun tingkah lakunya. Allah Maha Adil sudah memberikan semuanya kepada kita disesuaikan dengan keluarga, lingkungan dan perannya. Sebenarnya kita hanya tinggal hidup mengalir dan melaksanakan semaksimal mungkin segala instruksiNYA.



Terkadang kita lupa, bahwa orang itu tidak harus sama dengan diri kita. Teman, tetangga atau keluarga kita dipaksa harus mengikuti segala konsep diri kita. Berbagai cara kita untuk meyakinkan orang lain untuk mengikuti keyakinan kita. Bahkan tidak jarang kalau-kalau ada orang lain yang tidak sesuai dengan apa yang kita minta, diabaikan atau diremehkan. Padahal kembali pada paragraf pertama di atas, bahwa manusia membawa watak dan pembawaannya sendiri-sendiri.

Tugas kita hanya menyampaikan, memberikan petunjuk sesuai kehendakNya. Sampaikan yang benar itu benar, yang salah itu salah. Perlu diketahui juga konten yang kita sampaikan menurut keyakinan kita sendiri itu pun belum tentu benar seratus persen. Jadi, semuanya harus dikembalikan kepada niat hati terdalam kita.
Untuk apa sih saya seperti ini?
Benarkah semua yang saya lakukan untuk Allah?
Bukan untuk diri ego saya sendiri?
Semuanya harus dikembalikan di benak kita. Perkara apa yang kita sampaikan nanti tidak diterima dan tidak jalankan. Kita kembalikan semuanya pada Allah dan mereka sendiri. Mereka yang lebih tahu atas kemampuannya sendiri. Ingat, menyampaikan, memasrahkan, dan tetap menjaga ukhuwah.



Ilmu dan kecerdasan kita, bukan untuk menjauhkan diri kita kepada yang lain. Tapi untuk memahami satu sama lain. Berbagilah satu sama lain karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang membawa kebaikan kepada orang lain. 

Allahu a'lam bisshawab...

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...