Pages

Monday 18 March 2019

Yuk, BELAJAR DATA PENDUDUK di BALAI DESA

Matematika Kelas 5 semester genap mempunyai sasaran kompetensi dasar 3.7 menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya dan kompetensi dasar 3.8 menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis. 


Tentunya dengan target seperti itu, siswa diharapkan mampu menguasai cara menghimpun atau mengumpulkan data sederhana serta dituntut untuk menyajikannya dengan berbagai media presentasi seperti diagram garis, diagram gambar, diagram batang, dan teman-temannya. Perlu praktik langsung agar siswa dengan jelas dan cepat bisa menguasai kompetensi ini. 


Oleh karena itu siswa kelas 5 SDN Tukum 01 berupaya mencari data yang riil dan bisa disajikan dengan mudah. Salah satu caranya dengan cara mendatangi gudang data kependudukan di sekitar desa Tukum. Dimana lagi kalau bukan di Balai Desa Tukum. Yap! Hanya berjalan sekitar 500 meter siswa SDN Tukum 01 sudah tiba dan siap-siap melahap data kependudukan yang ada di Balai Desa. 

Dengan seizin Bapak Kepala Desa Tukum, Bapak Yunus. Siswa SDN Tukum 01 dibantu oleh Pak Arif bertanya langsung kepada perangkat desa yang membidangi data kependudukan desa Tukum. Kebetulan yang berkenan memberikan sumber informasi adalah bu Femi selaku kasi pelayanan desa Tukum. Beliau dengan telaten menginformasikan segala kebutuhan data yang dibutuhkan oleh siswa SDN Tukum 01. Data yang dicatat dan akan disajikan oleh anak-anak yaitu data jumlah penduduk, data kelahiran, dan data kematian penduduk desa Tukum selama kurun waktu 2015 - 2018.




Siswa SDN Tukum 01 sangat antusias mengikuti pembelajaran kali ini. Mereka dengan seksama mendengarkan informasi yang diberikan dan mencatat segala informasi yang didapat. Di tengah-tengah asyiknya mengerjakan data kependudukan di Balai Desa, Bapak Santo selaku kaur keuangan desa Tukum mendokumentasikan kegiatan siswa dan guru. Beliau juga salah satu anggota komite SDN Tukum 01, yang juga mempunyai bakat bermusik. Lain kali dijadikan narasumber pembelajaran SBdP atau kesenian ah.. (šŸ˜Hihi..) Beliau juga mempunyai vlog yang berisi tentang kemajuan desa Tukum khususnya dan kecamatan Tekung pada umumnya. 




Berikut dokumentasi Bapak Santo :


Pembaca yang budiman, itu saja sedikit laporan pembelajaran kami hari ini, senin tanggal 18 Maret 2019. Belajar di sumbernya, berlatih pada ahlinya, dan bergembira pada waktunya. Sampai jumpa lagi di pembelajaran-pembelajaran yang menarik lainnya. 

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...