Pages

Tuesday 12 March 2019

PENGAWAS UJIANKU adalah HP PAK GURU!

Kejujuran adalah inti dari lembaga pendidikan didirikan. Mengajar dengan jujur, berkata dengan jujur, berteman dengan jujur, dan melaksanakan ujian pun harus jujur. Mengutip pada slogan penulis blog Ayo Mendidik dan founder Ebis Learning Center yang berbunyi "Prestasi Penting, Tapi Kejujuran yang Utama" bahwa memang kejujuran harus kita tekankan di manapun dan kapanpun. Baik saat dalam kondisi apapun maupun dalam kondisi yang menuntut kejujuran itu sendiri. 


Ujian merupakan salah satu kondisi yang menuntut kejujuran dari peserta didik. Banyak cara yang telah diberikan oleh guru untuk menekan kecurangan dari siswa. Misalnya membuat kata-kata slogan kejujuran yang ditempel di dinding kelas, memperlihatkan video hikmah kejujuran, memberikan ceramah tentang manfaat kejujuran, memberi motivasi kejujuran, hingga tidak segan-segan memberikan punishment berupa denda atau sanksi bagi pelaku kecurangan. Semua cara tersebut digunakan oleh guru agar siswa untuk berpikir ulang apabila melakukan tindakan yang tidak jujur. 

Pengawasan secara langsung dari guru mungkin belum efektif menekan ketidakjujuran. Karena siswa tahu, dia sedang diamati perilakunya. Diperlukan sarana prasarana yang membuat siswa nyaman tanpa merasa diawasi. Salah satunya CCTV, tapi menggunakan alat ini diperlukan cost ekonomi yang relatif mahal dan kelemahan CCTV ini yaitu siswa akan merasa terawasi secara langsung. Sehingga membuat siswa merasa waspada, dan tidak akan mengeluarkan potensial attitude kebebasannya.

Solusinya adalah aplikasi IP WEBCAM. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai pengganti CCTV. Aplikasi yang bisa diunduh di playstore ini sangat fleksibel penggunaannya. Karena hanya menggunakan 2 perangkat inti yaitu berupa HP android dan laptop/pc. HP android sebagai kamera pengawasnya bisa ditaruh di tempat yang kita inginkan, bisa ditaruh di meja guru, di tumpukan buku, di belakang vas bunga, di tas guru, atau di tempat-tempat lain yang tidak diketahui siswa. Sedangkan laptop/pc sebagai monitor pengawas untuk mengawasi siswa dari kejauhan (dalam hal ini terbatas hanya sekitar radius 20 meter). Setelah pengamatan kejujuran via IP WEBCAM dilakukan, maka tugas kita sebagai guru memberikan bukti tersebut kepada siswa yang bersangkutan dan memberikan pembinaan yang disesuaikan dengan karakter siswa tersebut. 

Berikut cara penggunaannya:
  1. Unduh aplikasi IP WEBCAM di sini atau di sini
  2. Install aplikasi IP WEBCAM tersebut
  3. Aktifkan aplikasi IP WEBCAM
  4. Tekan start dan cari dan catat nomor atau alamat IP di aplikasi IP WEBCAM yang sudah terinstall dan aktif di HP android anda 
  5. Koneksikan laptop/pc dengan HP android dengan wifi atau hotspot/teathring
  6. Buka browser di laptop
  7. Tulis nomor atau alamat IP yang sudah dicatat dan tekan search
  8. Maka muncul halaman web yang berisi paparan kamera yang sama persis dengan HP android
  9. Lalu tekan icon browser untuk memulai kerja kamera
  10. Pilih rekam untuk merekam semua aktivitas yang ditangkap kamera
Berikut hasilnya :


IP WEBCAM cukup efektif untuk mengawasi sekaligus merekam perilaku siswa ketika kelas kita tinggalkan. Selain berguna sebagai pendeteksi kejujuran, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk alat bantu presentasi catatan siswa atau guru yang sudah dilombakan dan alhamdulillah sudah meraih juara 3 tingkat provinsi oleh ustadz Chudhori Baihaqi, salah satu guru berprestasi di kaki gunung semeru yaitu guru SDN burno 03 Senduro - Lumajang.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru semua dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...