Pages

Monday 22 April 2019

PARADE AKSI MULA PMI Kabupaten Lumajang siswa belia UPT SDN TUKUM 01

Diawali dengan Trainer Of Fasilitator pada tanggal 5-6 April 2019 di markas PMI Lumajang, penulis secara langsung ditunjuk sebagai pembina PMR mula oleh KPP Kecamatan Tekung untuk satuan tugas di UPT SDN tukum 01. Dengan tujuan menyiapkan bibit muda untuk dijadikan PMR mula tingkat SD yang akan segera diadakan lomba PMR yang dikenal dengan sebutan PARADE AKSI MULA (PAM) PMI Kabupaten Lumajang. 

Ada kurang lebih 30 lembaga tingkat SD/MI diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Kebetulan di KPP Kecamatan Tekung diwakili 3 lembaga yaitu : SDN Tekung 01, SDN Tukum 01, dan MI Al Ittihad Tukum. Dan alhamdulillah kegiatan PAM yang Ke-2 ini bisa terlaksana pada tanggal 20-21 April 2019 di SMPN 4 Lumajang kemarin.

Ada 7 bidang lomba yang harus diikuti oleh PMR mula, adapun penjabarannya akan diurai sebagai berikut:

1. Lomba Kepalangmerahan
Lomba ini memperlombakan materi umum tentang kepalangmerahan, mulai dari sejarah kepalangmerahan dan kebulansabitan internasional. Tribakti, 7 prinsip, sampai kegiatan apapun yang berhubungan dengan kepalangmerahan dan kebulansabitan. Pada lomba ini PMR mula atau peserta yang terdiri dari 2 anak wajib membuat gambar cerita yang menarik dan dituntut untuk mempresentasikan isi tentang gambar yang berkaitan dengan kepalangmerahan secara bergantian. 

2. Lomba Sanitasi Kesehatan 
Bagian ini mempertandingkan kemampuan pengetahuan PMR mula tentang materi sanitasi kesehatan seperti cara hidup sehat, makanan bergizi, mengetahui penyakit dan lain-lain dengan cara lomba tebak benar dan salah sekaligus presentasi jawaban seperti halnya di acara televisi kuis rangking 1. Siapa yang berdiri paling akhir maka dia juaranya. 

3. Lomba Kesiapsiagaan Bencana
Perlombaan satu ini hampir mirip dengan lomba pertama yaitu lomba kepalangmerahan. Akan tetapi media yang digunakan bisa lebih variatif tidak melulu gambar. Bisa berupa kliping, media belajar 3 dimensi, foto dan lain-lain. Dengan bantuan tersebut 2 anak PMR mula harus mempresentasikan tentang kebencanaan seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan sebagainya. Tidak lupa juga menjelaskan cara mencegah (mitigasi) bencana dan penanggulangan bencana. 

4. Lomba Kesehatan Remaja
Bidang ini PMR mula harus menguasai materi tentang kesehatan anak dan remaja, ciri-ciri pubertas, alat reproduksi, cara menjaga alat reproduksi, tentang NAPZA, mengenal jenis NAPZA, dan cara mencegah agar terhindar dari NAPZA. Lombanya dibingkai dengan cara mengerjakan soal TTS (Teka Teki Silang) secara bergantian dan berurutan dengan waktu tertentu yang diikuti oleh 3 anak PMR mula.

5. Lomba Donor Darah Siswa
Doras merupakan akronim lomba ini, dikemas dengan cara lomba mengikuti petunjuk  untuk mencari bendera sebanyak-banyaknya dan menjawab dengan sesegera mungkin. Pertanyaan yang berkaitan dengan kedonor darahan siswa seperti: cara donor darah, syarat pendonor, syarat resipient, dan penghargaan yang didapat bagi pendonor. Lomba ini diikuti 2 anak tiap lembaga untuk menjadi yang tercepat dan paling benar menjawabnya.

6. Lomba Pertolongan Pertama
Lomba ini lomba yang paling mengutamakan praktik. Lomba ini menuntut kompetensi dan skill PMR mula untuk menolong korban kecelakaan dan bencana. Harus ada jiwa penolong dan fokus untuk mewakili lomba ini. Pembidaian (pemerbanan) dan perawatan korban kecelakaan maupun bencana adalah kemampuan yang harus dimiliki 3 anak PMR mula. 1 menjadi korban 2 orang menjadi penyelamat/rescue. Ketepatan, kejelian, dan eksekusi kasus menjadi penilaian lomba PP ini. 

7. Lomba Kepemimpinan 
Sesuai dengan namanya lomba kepemimpinan. Lomba ini bertujuan mencari pemimpin-pemimpin kemanusiaan. Peserta yang dipilih tentunya diseleksi dari anak-anak yang mempunyai bakat sebagai pemimpin. Dua anak PMR mula diuji akan komunikasinya, cara penyampaiannya, ketangkasan dan keseimbangan tubuhnya, dan keberaniannya untuk mempresentasikan lomba yang diikutinya. Gambaran sederhana lomba ini adalah PMR mula harus menebak kata yang ada di kepalanya sedangkan PMR mula yang satunya memberikan petunjuk seperti kuis Indonesia Pintar, jika tebakan benar harus bisa melewati lomba keseimbangan kelereng dan balon, dan terakhir harus bisa menceritakan apa pesan dan kesan setelah mengikuti lomba tersebut. 

Dan hasilnya alhamdulillah UPT SDN tukum 01 berhasil menyabet juara 1 di bidang lomba  yang pertama yaitu lomba kepalangmerahan😊. Untuk lomba di bidang lainnya diraih oleh PMR mula dari SD/ MI lainnya. Sedangkan juara umum dengan peraih thropy terbanyak digondol oleh .................. tara .......................... SDI Tompokersan Lumajang😀😀. Pemenang berhak mengikuti seleksi lebih lanjut untuk melaju ke Tingkat Provinsi insyaAllah bulan Juni nanti di Kabupaten Magetan.

Berikut juara lengkapnya bisa klik link DISINI.


Demikianlah sedikit cerita dari kegiatan Parade Aksi Mula (PAM) II PMI kabupaten Lumajang. Sampai jumpai di cerita selanjutnya di JUMBARA tingkat Provinsi.!!!

1 comment:

  1. Sukses dan maju terus untuk PMR-PMI di sekolah-sekolah Lumajang dan di daerah2 lainnya juga!! :)

    ReplyDelete

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...