Pages

Thursday 4 April 2019

MENCARI GARIS BUJUR DAN LINTANG TEMPAT TERTENTU dengan PETA MANUAL dan GOOGLE MAP

"Belajar itu memberikan banyak pengalaman langsung, sehingga siswa bisa memperoleh kekayaan ilmu sebagai perbendaharaan pemikiran untuk menyelesaikan setiap permasalahan."



Tema 9 Subtema 1 pada pembelajaran kelas 5 di dalamnya ternyata terdapat materi yang sangat membutuhkan pemberian informasi yang cukup kompleks. Yaitu mencari letak geografis dan letak astronomis tempat tertentu. Ini menyambung materi konvensional yang sering dibelajarkan pada buku-buku sebelumnya. Yaitu bahwa letak gorgrafis kita terletak di 2 benua (asia dan australia) dan 2 samudera (hindia dan pasifik). Sedangkan letak astronomis negara kita terletak di antara 9 LU - 11 LS dan 95 BT - 141 BT. 

Pada buku tema 9 ini ternyata terdapat tugas tambahan untuk siswa yaitu mencari koordinat lintang dan bujur tempat tertentu. Di sanalah guru dan siswa harus berkolaborasi untuk memecahkan persoalan yang harus dijawab. Maka guru yang berperan sebagai fasilitator wajib memberikan transfer ilmu untuk memudahkan siswa mengerjakan tugas-tugasnya.

Dua cara yang bisa diajarkan untuk mengusai kompetensi ini, yaitu:

1. Mencari secara manual dengan peta


2. Mencari menggunakan dengan google map



Alhamdulillah, ternyata hampir 80% siswa kelas 5 UPT SDN tukum 01 bisa menguasai 2 metode tersebut dengan lancar. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa perlu pembelajaran yang tepat guna dan interest untuk menarik daya pikir dan motivasi siswa. Jika pembelajaran tersebut diberikan oleh guru maka insyAllah kualitas pembelajaran pun akan meningkat. 

Di sini juga bisa diperhatikan oleh wali murid, tanyailah anak-anak kita waktu belajar di sekolah. Apa yang dipelajari, bagaimana pembelajarannya, menarik atau tidak kah pembelajarannya, dan lain sebagainya sebagai bentuk apresiasi kita kepada anak yang telah belajar keras di setiap harinya. 

Tidak perlu sekolah kota yang mahal, juga tidak harus les yang menguras kantong. Jika di rumah ada orang tua yang antusias dan perhatian kepada buah hatinya serta guru di sekolah yang kreatif serta empati kepada siswanya. Itu saja sudah cukup bisa meningkatkan ilmu anak-anak kita beberapa derajat. Semoga anak-anak kita selalu bisa belajar dari pengalamannya yang berharga sehingga di masa depan nanti bisa meraih tujuan hidup yang hakiki. Selamat belajar dan terus semangat.

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...