- Nama Kegiatan : Pendampingan Individu sesi 2 Calon Guru penggerak 10
- Sasaran : Arif Zulkifli (CGP Angkatan 10 Kabupaten Lumajang)
- Pengajar Praktik : Dr. Suwari, M.PdI
- Tujuan : Diskusi visi sekolah dan prakarsa perubahan
- Tempat : Ruang Guru SDN Ditotrunan 01
- Hari/Tanggal : Rabu / 29 Mei 2024
- Waktu : 07.00-10.00 WIB
Deskripsi kegiatan
Kegiatan Pendampingan Individu adalah merupakan rangkaian kegiatan dari pendidikan Calon guru penggerak yang sudah terjadwal. Pendampingan Individu ini merupakan kali ke-2 bagi CGP Arif Zulkifli sebagai CGP angkatan 10 dari SDN Ditotrunan01 Lumajang. Pada PI-2 kali ini peserta CGP diminta untuk melaksanakan diskusi panel dengan guru dan tendik di saksikan kepala sekolah dan PP (pengajar praktik ) Bapak Suwari. Tujuan diskusi ini adalah untuk menyelaraskan visi yang ada di sekolah apakah sudah sesuai dengan visi guru penggerak.
Diskusi pleno diawali dengan koordinasi antar CGP dan PP terlebih dahulu sebelum memasuki ruang diskusi. Tepat pukul 07.00 wib disikusi pleno ini dilaksanakan di ruang guru SDN Ditotrunan 01 dihadiri oleh kepala sekolah dan guru dari masing-masing kelas dan tenaga kependidikan . Kami membagi kegiatan diskusi ini dengan 3 tahap, yaitu :
- Tahap paparan dari CGP
- Mengisi kalimat yang rumpang
- Menyelaraskan kalimat yang rumpang dengan visi sekolah yang sudah ada
Pada tahap awal PP Bapak Suwari membuka acara dengan memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan diskusi ini, kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah. Dalam sambutannya Kepala sekolah sangat mendukung dan mensuport pendidikan guru penggerak, beliau bersyukur dan merasa bangga karena di sekolahnya terdapat 5 CGP salah satunya dari angkatan 10, dan beliau berharap guru-guru yang lain juga mau mendaftar CGP pada angkatan selanjutnya.
- Pada tahap pertama CGP memaparkan materi atau pemahaman yang sudah di dapat selama mempelajari melalui modul 1.1 sampai modul 1.4. Selanjutnya membuka diskusi dengan dengan Puisi "Aku Melihat Indonesia" Karya Bung Karno.
- Langkah yang kedua CGP Saya memandu teman-teman peserta disikusi untuk mengisi kalimat yang rumpang dan menuliskan jawaban di padlet. Pertanyaan kalimat yang rumpang ada 6 dan setelah semua peserta menjawab keenam pertanyyan CGP mulai membacakan satu-persatu jawaban peserta diskusi. Saya bertugas mencatat semua jawaban peserta disikusi lalu kami berdua menyimpulkan jawaban dari masing –masing tiap pertanyaan.
- CGP dan peserta diskusi menganalisi kembali apakah kesimpulan dari kalimat yang rumpang sudah sesuai atau selaras dengan visi sekolah yaitu “Terwujudnya Sekolah Berbasis Pelajar Pancasila yang terpercaya, Cerdas, Terampil, Unggul dalam Prestasi berdasarakan Iptek, Imtaq, dan Berwawasan Lingkungan Global.”
Ini adalah 6 jawaban kalimat rumpang yang sudah kami
simpulkan :
- Kita memimpikan murid yang berakhlak baik, berprestasi, dan terampil
- Kita percaya bahwa muird adalah seorang anak memiliki keistimewaan potensi yang harus dikembangkan, baik karakter baik maupun prestasi
- Di sekolah kita megutamakan prestasi, akhlak dan tata krama, pembinaan agama, dan sebagainya
- Murid di Sekolah kita sadar betul bisa mengembangkan potensi, berinovasi, dan berkembang pada kemajuan.
- Kita warga sekolah, di sekolah ini yakin untuk saling berjuang antar guru, menjunjung solidaritas, dan saling mendukung.
- Saya dan guru lain di sekolah paham bahwa kita akan memberikan seluruh kemampuan kita untuk siswa agar siswa bisa menjadi yang terbaik di masa depan
Selanjutnya saya menjelaskan simulasi perubahan visi sekolah
dengan metode inquiri ATAP dan BAGJA yang diikuti secara seksama oleh peserta
diskusi. Setelah pemaparan ATAP dan BAGJA diskusi dilanjutkan untuk penyesuaian
Visi Sekolah.
Dan Visi sekolah yang diajukan perubahan berbunyi :
“Terwujudnya Siswa Berprofil Pelajar Pancasila Unggul dalam Prestasi berdasarakan
Iptek, Imtaq, Inovatif, dan Berwawasan Global.”
Dari hasil diskusi CGP dan peserta diskusi dan juga dengan
penguaatan PP kami menyimpulkan bahwa visi sekolah sudah memuat aspirasi dan
keinginan hampir semua peserta diskusi melalui bantuan pertanyaan kalimat
rumpang tersebut.