Pages

Pages

Tuesday 19 March 2019

BERANI PRESENTASI DATA di KELAS

Melanjutkan pembelajaran kemarin, siswa kelas 5 SDN Tukum 01 telah melakukan pembelajaran terkait data dengan mendatangi langsung pusat data di balai desa Tukum. Banyak hal yang bisa didapatkan dari hasil kunjungan tersebut. Pengalamanpun bisa diambil dari hasil pembelajaran kemarin.

Pembelajaran selanjutnya yaitu mencoba mempresentasikan data. Ada dua cara presentasi yang ditawarkan oleh guru, yaitu secara manual dan dengan cara menggunakan microsoft excel.

Secara manual siswa bisa mengerjakan permasalahan data dengan selembar kertas yang akan menyajikan data dalam bentuk diagram gambar, diagram batang, maupun diagram garis. Dengan sedikit hiasan dan kreatifitas, siswa kelas 5 SDN Tukum 01 mampu menyajikan hasil yang maksimal.
Berikut hasilnya :


Sedangkan presentasi via microsoft excel, juga tidak kalah penting. Siswa difasilitasi dengan menggunakan laptop guru, selanjutnya bisa mengolah data tentunya dengan bantuan guru. Menggunakan microsoft excel juga harus diajarkan kepada siswa, ini dimaksudkan agar siswa belajar selaras dan sejalan sesuai pembelajaran faktual. Metode ini cukup mudah untuk dipelajari, yaitu hanya dengan mengetik, menghitung, memblock, insert diagram, dan jadilah bahan presentasi data yang menarik. Selanjutnya diagram yang ingin ditampilkan bisa dihias, bisa diganti-ganti dan di warnai sesuai selera.
Berikut hasilnya :


Setelah itu siswa harus mempresentasikan hasil kerjanya. Siswa harus berani  tampil dengan percaya diri sekaligus menganalisa hasil datanya dengan waktu yang ditentukan. Siswa kelas 5 SDN Tukum 01 dituntut mau dan mampu belajar menjadi orang yang ada di depan menjelaskan dan menerangkan materi yang dikuasai.
Berikut hasilnya :


Demikian pembelajaran kali ini, semoga bermanfaat bagi siswa kelas 5 SDN Tukum 01.
Selamat belajar dan mengajar...!

No comments:

Post a Comment