Pages

Monday 25 February 2019

PENILAIAN HARIAN KELAS 5 KURIKULUM 2013 TEMA 8 SUBTEMA 1


Tema baru semangat baru, menjadi jargon tulisan edisi kali ini. Sudah separuh perjalanan semester genap telah dilalui oleh guru dan siswa. Tema 8 yang berjudul Lingkungan Sahabat Kita, mengangkat lingkungan alam di sekitar kita untuk mendapatkan perhatian khusus dari kita sebagai makhluk yang banyak memanfaatkannya. 

Bahwa lingkungan sekitar harus kita rawat dan kita lestarikan telah menjadi janji-janji kita sebagai pemakai terbanyak lingkungan. Jangan sampai alam hanya kita eksploitasi tapi sumbangsih kita masih nol kepada sumber daya terbesar di dunia ini. Sudah saatnya kita benar-benar melek perhatian kepada alam dengan cara yang sudah banyak kita wacanakan tapi belum banyak kita implementasikan. 

Maka subtema 1 pada tema 8 ini, penulis buku memberikan judul "manusia dan lingkungan" untuk mendeskripsikan bahwa bagian pertama ini membahas peran kita sebagai manusia kepada alam sekitar. Ini tersurat pada KD bahasa indonesia yang menguraikan penjelasan teks nonfiksi, disambung dengan KD IPA yang menjelaskan  siklus air yang benar-benar harus kita jaga. 

KD IPS yang membahas kegiatan ekonomi apa yang cocok dengan alam, yang sinkron dengan KD PKn dengan menjaga keragaman aneka budaya berbagai daerah. Dan ditutup dengan KD SBdP yang membahas tangga nada yang banyak mengangkat judul lagu tentang alam. 

Berikut penulis bagikan dengan harapan semoga bermanfaat bagi teman-teman sesama pendidik.
Silahkan klik tautan berikut :
Selamat mengajar!

No comments:

Post a Comment

TAFSIR HIDUP SURAH AN-NUR AYAT 35

Kalamullah Al Qur'an itu memang sebuah mukjizat nyata dari Allah diturunkan kepada rosulNya. Di dalam kitab suci ini isinya memang bukan...